Kenapa Pria Korea Selatan Wajib Militer?

Pernah berpikir mengapa oppa-oppa di Korea Selatan harus wajib militer? Baik pria warga biasa,artis dan berbagai kalangan? Ya,bagi Korea Selatan kewajiban militer untuk para pria. Merupakan hal yang lumrah dan wajib sekali. Pria yang sehat jasmani dan rohani,wajib mengikuti militer. Kecuali cacat,sakit,atau beberapa alasan lainnya. Mengapa? Jika mereka tak mau wajib militer resikonya dipenjara oleh Pemerintah Korea Selatan.

Beberapa orang pastinya sudah tahu Kenapa Pria Korea Selatan Wajib Militer,tetapi banyak juga yang sedih. Karena kebanyakan KPOPers garis keras,sangat sayang dengan idolanya. Serta harus merelakan idola nya wajib militer.

Kenapa Pria Korea Selatan Wajib Militer?

Alasan Pria Korea Selatan Wajib Militer

Dimulai dari sejarah wajib militer di Korea, Bermula dari jajahan Jepang pada tahun 1945,Korea Selatan menjadi dua bagian. Yaitu Korea Selatan dan Korea Utara. Sejak saat itu,pemerintah mewajibkan para pria Korea Selatan untuk wajib militer.

Disatu sisi pada zaman dahulu Korea Selatan sering berperang dengan negara tetangganya yaitu Korea Utara. Dua negara ini pernah perang selama 3 tahun tepatnya pada tahun 1950-1953. Walaupun Kim Jong Un pernah bertemu dengan Presiden Moon Jae-In beberapa waktu lalu,tetapi sepertinya perang dingin masih berlanjut. 

Per tahun 2018 bulan Juni kemarin,Korea Selatan mengumumkan jika adanya pembatasan izin berpergian ke luar negeri. Termasuk adanya pemberian izin ke luar negeri,tak kecuali dengan Idol KPOP. Tapi,ada pengecualian. Izin akan akan tetap diberikan,bagi mereka yang sudah berusia 28 tahun keatas. Untuk berpergian membeli obat,menghindari acara keluarga atau situasi yang tak terhindarkan.

Berapa Lama Wajib Militer Di Korea Selatan?
Wajib militer di Korea Selatan diikuti oleh pria berusia 19-35 tahun,mulai berumur 25-27 jelas tak boleh mengelak lagi untuk tidak ikut wajib militer. Wajib militer di Korea Selatan dibagi menjadi dua yaitu active duty dan KATUSA. Active duty dilatih selama 21 bulan yaitu tentara dan marine corps,angkatan laut selama 23 bulan dan angkatan udara selama 24 bulan. 

Sedangkan KATUSA harus mempunyai kemampuan bahasa Inggris yang baik,karena merupakan program militer gabungan antara Korea Selatan dan Amerika Serikat. Sebelum berangkat terjun ke lapangan untuk militer,juga ada pemeriksaan kesehatan.

Setelah Wajib Militer
Setelah wajib militer kurang lebih selama 2 tahun,mereka tak langsung bebas. Tetap adanya pelaporan wajib militer dan inactive duty selama 8 tahun. Tiap tahun harus mengikuti pelatihan selama 100 jam. Jika ada perang selama itu,mereka wajib harus ikut. Tak terkecuali pria yang belum ikut wamil atau yang sudah yang berusia 18-35 tahun.

Itulah sedikit ulasan Alasan Kenapa Pria Korea Selatan Wajib Militer. Bagi anda yang belum mengetahui nya,pasti akan terbantu menemukan jawaban. Semoga dapat menambah wawasan,jangan lupa share artikel menarik ini.
Previous
Next Post »